Seberapa Sering Anda Harus Merotasi Ban Mobil Anda? Seberapa Pentingkah itu?

Car Tires

Rotasi ban adalah elemen penting dari perawatan dan pemeliharaan ban standar yang tidak boleh Anda abaikan. Tapi, seberapa sering Anda harus memutar ban ? Anda mungkin mendapati diri Anda menanyakan pertanyaan ini apakah Anda sedang menuju ke mekanik untuk tugas pemeliharaan ini atau Anda ingin melakukannya di rumah. Jawabannya adalah Anda bisa melakukan rotasi ban setiap 5000-7000 mil atau enam bulan. Namun, angka-angka ini dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor.

Seberapa Sering Anda Harus Memutar Ban Anda?
Seberapa sering ban dirotasi akan tergantung pada faktor-faktor berikut:

  • Struktur teknis mobil Anda
  • Kebiasaan mengemudi Anda
  • Jarak tempuh yang ditampilkan di odometer
  • Jenis ban yang Anda gunakan

Anda dapat mengatur jadwal rotasi ban setiap 5000-7000 mil atau setiap 6 bulan, mana saja yang lebih dulu. Jika Anda sering melakukan perjalanan menggunakan mobil, angka-angka ini dapat dikurangi menjadi 3000-5000 mil dan 3 bulan.

Berapa mil untuk memutar ban tergantung pada jenis drivetrain dan perbedaan berat antara depan dan belakang. Awal musim dingin dan awal musim semi adalah dua waktu penting untuk memeriksa semua ban.

Medan, jenis kendaraan, dan sistem penggerak juga mempengaruhi waktu rotasi ban. Beberapa ban yang datang dengan tenaga mesin akan aus lebih cepat daripada yang tidak, yang berarti ban tersebut perlu dirotasi lebih sering.
Anda harus memutar ban setiap 5.000-7.500 mil untuk mobil RWD dan FWD. Jika Anda mengendarai mobil AWD atau 4WD, Anda mungkin perlu lebih sering memutar ban.

Setiap ban mengalami keausan yang berbeda dan pada kecepatan yang berbeda. Kami menyarankan Anda mengikuti panduan pemilik untuk mengatur jadwal rotasi ban yang tepat untuk mobil Anda.

Apa yang Penting Dalam Sebuah Rotasi Ban?
Rotasi ban adalah pergantian posisi ban secara berkala untuk mengimbangi keausan tapak yang tidak merata.
Bagaimana Anda harus memutar ban Anda tergantung pada jenis kendaraan yang Anda miliki. Mobil berpenggerak roda depan (FWD) membuat ban depan lebih cepat aus dibandingkan dengan mobil berpenggerak roda belakang (RWD).

Rotasi ban secara berkala membantu menyebarkan keausan secara merata di antara keempat ban. Praktik ini akan menghasilkan kinerja mobil dan keselamatan pengemudi menjadi terjamin.

Rotasi yang tepat akan mencegah kecelakaan yang tidak diinginkan seperti kegagalan ban atau ledakan . Tindakan kecil ini dapat menghemat uang Anda untuk perbaikan dan kompensasi kecelakaan.

Selain itu, pemerataan gaya benturan pada roda depan dan belakang meningkatkan traksi, membantu mobil Anda menghemat bahan bakar dan memperpanjang umur mobil Anda.

Kapan Ban Harus Dirotasi?
Tanda yang paling terlihat adalah permukaan yang aus, menyebabkan ban menggelembung. Jika Anda masih ragu untuk menangani dua situasi di atas, konsekuensi terburuknya adalah ban kempes dan pecah yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Sepasang ban depan bertanggung jawab untuk pengereman, yang membuat kualitasnya semakin penting. Jika sudah aus, mobil Anda tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Anda mungkin perlu merotasi ban lebih sering tergantung pada cara Anda menggunakan mobil dan jenis drivetrain kendaraan Anda.

image source : www.nexentire.com

Penggerak Roda Depan
Keausan ban berbeda tergantung pada lokasinya pada kendaraan dan drivetrain kendaraan. Kendaraan penggerak roda depan memakai ban depan lebih cepat daripada ban belakang, karena ban depan mentransfer tenaga ke jalan dan mengarahkan kendaraan.

Untuk memutar ban kendaraan berpenggerak roda depan dengan benar, Anda harus memindahkan ban depan ke belakang dan ban belakang ke depan. Namun, ketika memindahkan ban belakang ke depan, ban tersebut harus diletakkan di sisi yang berlawanan dari mobil. Anda harus memindahkan ban belakang kanan ke kiri depan, dan ban kiri belakang ke kanan depan.

Penggerak Roda Belakang
Kendaraan berpenggerak roda belakang memberikan keausan yang lebih seimbang, karena ban belakang menyalurkan tenaga ke jalan sementara ban depan melakukan kemudi. Bahkan dengan pembagian kerja ini, bagaimanapun mempunyai fungsi yang berbeda. Ban depan dan belakang menghasilkan pola keausan yang berbeda yang membuat ban harus dirotasi.

Saat merotasi ban Anda di kendaraan berpenggerak roda belakang, Anda harus melakukan kebalikan dari apa yang akan Anda lakukan dengan kendaraan berpenggerak roda depan. Ban belakang harus dipindahkan ke depan tetapi tetap pada sisi yang sama. Ban depan Anda harus dipindahkan ke belakang. Anda harus memindahkan ban kiri depan ke kanan belakang, dan ban kanan depan ke kiri belakang.

Penggerak Semua Roda
Kendaraan all-wheel- atau penggerak semua roda mungkin menyajikan kasus terkuat untuk memutar ban untuk menjaga keausan tapak. Di banyak kendaraan ini, perbedaan yang signifikan dalam kedalaman tapak dapat menempatkan beban yang tidak perlu pada drivetrain.

Untuk kendaraan all-wheel-drive (AWD), Subaru merekomendasikan agar variasi kedalaman tapak maksimum dijaga sekitar 2/32 inci. Karena banyak kendaraan all-wheel-drive crossover sebenarnya dalam mode penggerak roda depan sebagian besar waktu. Memutar ban pada kendaraan ini harus sering dilakukan, karena ban depan diharapkan lebih cepat aus daripada ban belakang.

Varians keausan tapak lebih dari 2/32 inci menunjukkan bahwa ban harus diputar lebih sering. Saat memutar ban kendaraan all-wheel-drive atau four-wheel-drive, Anda akan mengikuti proses yang sama seolah-olah itu adalah kendaraan berpenggerak roda belakang. Kanan depan akan ke kiri belakang, kiri depan akan ke belakang kanan, dan kedua ban belakang akan bergerak ke depan tanpa berpindah sisi.

Kesimpulan
Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menjawab pertanyaan: Seberapa sering Anda harus memutar ban?
Ada cara sederhana untuk mengingat jadwal rotasi ban Anda dengan menulis di buku catatan Anda jadwal tertentu yang menyatakan kapan harus memutar ban . Anda melakukan hal-hal ini bukan untuk orang lain tetapi untuk keselamatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *