Apakah Mesin Injeksi Langsung Itu?

Mesin

Mesin adalah salah satu bagian terpenting dari setiap kendaraan. Ada sejumlah jenis mesin di luar sana yang menawarkan fitur unik untuk kendaraan. Salah satu pilihannya adalah mesin injeksi langsung.

Mesin injeksi langsung menjadi semakin populer karena kemampuannya untuk membantu kendaraan mempertahankan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Teknologi injeksi langsung membantu mengoptimalkan mesin bensin sehingga mereka membakar bahan bakar lebih efisien, memanfaatkan manifold yang berbeda untuk udara dan bensin.

Ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana mesin ini bekerja dan manfaat yang mereka tawarkan? Teruslah membaca.
Apa itu Injeksi Langsung Bensin/ Gasoline Direct Injection (GDI)?

Injeksi langsung bensin (GDI) adalah jenis injeksi bahan bakar yang memberikan bahan bakar bertekanan tinggi langsung ke dalam silinder mesin.

Port tradisional atau sistem injeksi throttle body mengirimkan bahan bakar ke port intake di atas katup intake. Pada mesin port atau throttle body, udara bercampur dengan bahan bakar di port intake dan campuran memasuki silinder melalui katup intake.

Mesin injeksi langsung dapat berjalan dengan bahan bakar yang jauh lebih sedikit daripada injeksi bahan bakar tradisional, mengurangi emisi dan meningkatkan penghematan bahan bakar. Engine control module (ECM) memilih rasio bahan bakar terhadap udara agar mesin dapat bekerja secara efisien di segala situasi.

Meskipun mesin diesel injeksi langsung sudah umum, teknologinya relatif baru di mesin bensin. Selain peningkatan efisiensi bahan bakar, injeksi langsung memungkinkan penggunaan rasio kompresi yang lebih tinggi dari normal, yang meningkatkan tenaga.

Cara Kerja Injeksi Langsung
Mesin injeksi langsung menggunakan dua pompa bahan bakar, pompa tekanan rendah dan pompa tekanan tinggi. Pompa bertekanan rendah mengirimkan bahan bakar dari tangki, melalui filter bahan bakar dan masuk ke pompa bertekanan tinggi.

Camshaft mesin menggerakkan pompa bertekanan tinggi, memungkinkan tekanan bahan bakar setinggi 2.500 pon gaya per inci persegi (PSI). Bahan bakar bertekanan tinggi ini mengalir melalui rel bahan bakar dan langsung ke silinder mesin melalui injektor bahan bakar yang dirancang khusus. Selama operasi mesin normal, tekanan silinder cukup tinggi. Pompa bahan bakar tekanan tinggi mengatasi tekanan silinder, memungkinkan bahan bakar yang dikabutkan masuk.

Mesin injeksi langsung secara fisik berbeda dari mesin injeksi port atau throttle body. Jalur akses tambahan ke silinder ada untuk memungkinkan injektor bahan bakar. Engine GDI juga menggunakan rel bahan bakar bertekanan tinggi dan pompa bahan bakar bertekanan tinggi, serta katup pelepas tekanan tinggi yang sesuai jika terjadi malfungsi.

Keuntungan dari Injeksi Langsung
Ada banyak keuntungan menggunakan mesin injeksi langsung, antara lain:

  • Mulai dingin lebih mudah
  • Penghematan bahan bakar yang lebih baik dan emisi yang lebih rendah karena atomisasi bahan bakar yang lebih baik
  • Bekerja dengan baik dengan bahan bakar fleksibel E85, yang merupakan kombinasi tingkat tinggi etanol dan bensin
  • Mengurangi turbo lag pada mesin turbocharged
  • Bahan bakar bertindak sebagai pendingin, memungkinkan rasio kompresi yang lebih tinggi

Kekurangan Injeksi Langsung
Ada beberapa kelemahan untuk mesin injeksi langsung juga:

  • Katup masuk yang lebih kotor (tidak ada aliran bahan bakar yang melewatinya untuk menjaganya tetap bersih)
  • Lebih sulit untuk meningkatkan aliran bahan bakar untuk aplikasi performa tinggi
  • Dirancang untuk tekanan bahan bakar, bukan aliran tinggi
  • Dapat kekurangan daya dan efisiensi pada RPM tinggi
  • Lebih canggih dibandingkan dengan mesin injeksi biasa, membuat perbaikan dan biaya yang lebih rumit selama pemasangan

Mode Injeksi Langsung
Ada beberapa teknik utama yang digunakan untuk membuat distribusi bahan bakar di sekitar ruang bakar di mesin injeksi langsung. Mode GDI ini adalah:

Wall-guided : Sistem wall-guided memposisikan injektor pada sudut antara katup masuk dan memiliki bentuk piston khas yang mengarahkan bahan bakar ke busi. Saat disuntikkan, kubah piston berbentuk khusus mengalihkan campuran bahan bakar ke arah busi. Piston kemudian membantu mendorong lebih lanjut campuran yang mudah terbakar ke arah busi.
Spray-guided : Sistem ini menempatkan injektor secara terpusat di bagian atas ruang bakar di sebelah busi dan menyemprotkan bahan bakar langsung ke bawah dan melintasi busi. Desain ini umumnya lebih efisien daripada sistem berpemandu dinding karena bahan bakar disemprotkan langsung ke busi daripada berjalan di sepanjang mahkota piston.

Injeksi Ganda
Beberapa pabrikan menggunakan injeksi ganda, yang merupakan perpaduan antara injeksi langsung dan port. Kombinasi tersebut dapat mengatasi beberapa tantangan dengan injeksi langsung, khususnya katup masuk yang kotor dan tantangan efisiensi RPM tinggi. Pada mesin injeksi ganda, ECM menentukan injektor mana yang akan digunakan berdasarkan permintaan mesin.

* image source : stillrunningstrong.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *