Apakah Yang Dimaksud Sistem injeksi Tidak Langsung Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Mesin

Dalam mesin pembakaran internal di mana bahan bakar harus disuntikkan ke dalam ruang bakar, berbagai metode telah digunakan oleh produsen untuk menyelesaikan proses termasuk injeksi langsung dan tidak langsung.

Injeksi tidak langsung dalam mesin pembakaran internal adalah ketika bahan bakar tidak langsung disuntikkan ke dalam ruang bakar. Sudah umum di kalangan penggemar mobil bahwa injeksi tidak langsung dilengkapi hanya pada mesin diesel, itu benar tetapi sekarang digunakan pada mesin bensin.

Pada mesin bensin dengan sistem injeksi tidak langsung, terdapat injektor bahan bakar yang menyalurkan bahan bakar di beberapa titik sebelum katup masuk. Sedangkan pada mesin diesel, bahan bakar dialirkan ke dalam ruang bakar yang disebut dengan prechamber.

Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Injeksi Tidak Langsung?
Seperti disebutkan sebelumnya, injeksi bahan bakar tidak langsung adalah proses injeksi bahan bakar di mesin pembakaran internal, di mana bahan bakar tidak langsung disuntikkan ke dalam ruang. Penemuan ini membantu untuk mencapai kecepatan mesin yang lebih tinggi dalam mesin diesel. itu umumnya digunakan dalam mesin diesel tugas ringan, ditemukan di mobil penumpang generasi sebelumnya, sedan, dan kendaraan multi-utilitas.

Dalam sistem injeksi tidak langsung, injektor tidak menyemprotkan bahan bakar langsung ke piston, tetapi menyemprotkan bahan bakar ke ruang pra-pembakaran yang terletak di dalam kepala silinder. Beberapa produsen mobil sekarang memasang sistem injeksi ganda yang menggabungkan injektor langsung dan tidak langsung untuk mendapatkan manfaat dari kedua sistem injeksi.

Sistem injeksi langsung memungkinkan bahan bakar diukur secara tepat ke dalam ruang bakar di bawah tekanan tinggi. ini membantu mendapatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar yang lebih besar. Keterbatasan dengan sistem ini adalah bahwa hal itu umumnya mengarah ke partikulat dan juga bahan bakar tidak lagi menyentuh katup intake. Ini akan mengakumulasi jumlah karbon dari waktu ke waktu.

Karena itu, sistem injeksi tidak langsung akan memainkan peran yang sempurna karena terus menyemprotkan bahan bakar ke katup intake. Ini akan membantu menghilangkan akumulasi karbon pada katup masuk dan dalam kondisi beban rendah.

Fungsi Injeksi Tidak Langsung
Di bawah ini adalah fungsi injeksi tidak langsung pada mesin diesel:

  • Injeksi tidak langsung berfungsi untuk meningkatkan kecepatan mesin saat output daya meningkat.
  • Penambahan ruang awal meningkatkan kehilangan panas ke sistem pendingin.
  • Injeksi tidak langsung memungkinkan udara bergerak lebih cepat untuk bercampur dengan bahan bakar dalam sistem.

Karakteristik Sistem Injeksi Tidak Langsung
Di bawah ini adalah karakteristik dari ruang bakar tidak langsung:

  • Ruang putar ; ruang putar memungkinkan sekitar 50% bahan bakar masuk ke dalamnya selama langkah kompresi. Ini adalah ruang bola yang terletak di kepala silinder.
  • Ruang pra-pembakaran ; selama langkah kompresi, udara dari silinder utama bergerak ke ruang pra-pembakaran untuk memulai pembakaran. Ruang ini terletak di kepala silinder dan terhubung ke silinder mesin dengan beberapa lubang kecil.
  • Ruang sel udara ; Ini adalah ruang silinder dengan lubang di satu ujung. Ini dipasang lebih banyak atau kurang secara koaksial ke injeksi bahan bakar. Itu dilakukan agar kontak termal dapat diminimalkan dengan massa kepala.

Cara Kerja Sistem Injeksi Tidak Langsung
Cara kerja injeksi tidak langsung cukup sederhana dan mudah dipahami. Dalam sistem, bahan bakar disemprotkan ke ruang terpisah, yang dikenal sebagai ruang pra-pembakaran. Berbeda dengan mesin diesel pembakaran internal konvensional yang menyemprotkan bahan bakar langsung di atas piston.

Ruang pra-pembakaran ini terletak di dalam kepala silinder, menciptakan aksi berputar-putar di udara terkompresi. Dengan ini, pencampuran bahan bakar dengan udara tercapai secara merata. dalam sistem ini, udara dibiarkan bergerak cepat sambil mencampur bahan bakar dan udara.

Selama langkah kompresi, udara dari silinder mesin pertama-tama akan memasuki ruang pra-pembakaran. Saat dikompres, suhunya naik, membuat udara menjadi sangat panas. Pada titik ini, injektor menyuntikkan bahan bakar ke ruang pra-pembakaran. Untuk alasan ini, pembakaran dimulai dan kemudian seluruh silinder akan menyebar.

* image source : engineeringlearn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *